ALVA – Change the Game

Mendukung penurunan emisi di Indonesia, motor listrik Indika Energy Group akan hadir di pameran otomotif GIIAS 2022.

Indika Energy berkomitmen untuk menjadikan perjalanan perusahaan yang berkelanjutan (sustainable). Langkah demi langkah diversifikasi bisnis terus dilakukan untuk mengembangkan bisnis di luar batubara untuk mencapai pendapatan non-batubara menjadi setidaknya 50% pada tahun 2025.

Bersama dengan anak-anak perusahaan berbagai inisiatif keberlanjutan terus dilakukan baik untuk menurunkan emisi dari kegiatan operasional perusahaan maupun penekanan emisi secara lebih luas di Indonesia. Ini merupakan bagian dari dukungan perusahaan kepada Pemerintah Indonesia dalam upaya mencapai netral karbon pada 2050.

Saat ini, sektor transportasi juga menjadi salah satu penyumbang emisi karbon tertinggi di Indonesia. Emisi karbon sektor transportasi saat ini sudah menyumbang lebih dari 280 juta ton CO2 per tahun. Jika tidak ada yang berubah, emisi karbon transportasi akan terus bertambah sampai 860 juta ton CO2 per tahun pada tahun 2050.

Perusahaan melihat sektor kendaraan listrik akan mendapat perhatian lebih di tahun-tahun mendatang karena memegang peran strategis sebagai bagian dari solusi perubahan iklim di Indonesia. Indonesia merupakan pasar potensial untuk kendaraan roda dua listrik (E2W) dan saat ini memiliki tingkat penetrasi kepemilikan kendaraan roda dua tertinggi di dunia (sekitar 42%, berdasarkan jumlah kendaraan yang dimiliki per 100 penduduk) serta merupakan pasar terbesar ketiga untuk kendaraan roda dua secara umum dengan 6 juta sepeda motor terjual setiap tahunnya. Pasar E2W diproyeksikan akan tumbuh dengan pesat dibandingkan motor konvensional karena harganya sebanding dengan biaya operasional E2W yang lebih rendah.

Turut mempercepat mempercepat transisi menuju karbon pada tahun 2050, anak usaha Indika Energy yaitu Ilectra Motor Group (IMG) pada Senin lalu 18 Juli 2022, melakukan soft reveal brand kendaraan roda dua listrik (E2W), ALVA.

ALVA menggabungkan sensasi, kekuatan, dan gaya yang tetap mengedepankan aspek ramah lingkungan, penghematan yang cerdas untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

ALVA menggabungkan sensasi, kekuatan, dan gaya yang tetap mengedepankan aspek ramah lingkungan, penghematan yang cerdas untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Soft reveal brand ALVA tersebut dilakukan di INDY Bintaro Office Park, bersamaan dengan aktivasi komunikasi brand di berbagai platform termasuk digital billboard, website, dan social media. “Soft reveal brand ini, diharapkan mampu menggugah awareness publik terkait ALVA,” tutur Putu Swaditya Yudha (Adit), Chief Business Officer Electra Distribusi Indonesia (EDI).

Grand launching ALVA sendiri, akan dilakukan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022, yang akan digelar pada 11-21 Agustus 2022 mendatang di ICE, BSD City, Tangerang. “Kami sangat berharap bahwa keluarga besar Indika Energy Group dapat hadir mendukung ALVA di booth GIIAS hall 3A,” ujar Adit sambil tersenyum.

IMG telah menargetkan untuk menjadi leader di industri kendaraan listrik, menjadi pelopor sekaligus penggerak dalam terbentuknya ekosistem green mobility yang ramah lingkungan di Indonesia. Maka kesempatan untuk bisa unjuk gigi di arena GIIAS 2022 dapat menjadi momen awal untuk mencapai target tersebut.

Antonius Rainier Haryanto, Managing Director IMG, antusias menjelang kehadiran ALVA di GIIAS 2022. “Kami sangat berharap brand reveal yang kami lakukan dapat menarik minat konsumen untuk berinteraksi dengan produk kami. Hal ini dapat terwujud berkat dukungan, doa dan kerja keras rekan-rekan semua. Harapan kami, merk ALVA ini dapat menjawab kebutuhan konsumen akan adanya sebuah total mobility solution yang mampu menjadi teman setia dalam setiap perjalanan konsumen, di mana setiap momen menjadi sebuah pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan. Kami akan menampilkan berbagai fitur yang menarik di GIIAS sehingga kami sangat berharap kehadiran keluarga besar Indika Energy Group untuk dapat merasakan pengalaman bersama ALVA,” tutur Rainier.

IMG sendiri saat ini tengah menyiapkan berbagai hal terkait kehadiran ALVA di ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia itu. Sebuah booth tengah dirancang untuk menyampaikan ‘jiwa’ dari misi IMG sebagai brand yang identik dengan inovasi, teknologi, dan green mobility.

Semua ini dapat terwujud berkat dukungan, doa dan kerja keras rekan-rekan semua. Harapannya ALVA dapat menjawab kebutuhan konsumen akan adanya sebuah total mobility solution yang mampu menjadi teman setia dalam setiap perjalanan konsumen dimana setiap momen akan menjadi sebuah pengalaman yang mengesankan dan tak terlupakan.

Dari sisi peluncuran model motor dan spesifikasi, maupun keunggulan dari motor tersebut, saat ini masih mengundang penasaran tim INDIKATOR setelah meliput brand reveal ALVA Senin (18/7) lalu, karena hal ini akan menjadi kejutan di ajang GIIAS nanti. Yang pasti, pengunjung akan berkesempatan mengikuti test ride untuk merasakan langsung motor listrik tersebut.

Pasca kehadiran di GIIAS, berbagai aktivitas telah disiapkan agar ALVA bisa “berlari” kencang. Berbagai program yang sudah direncanakan antara lain gathering dengan berbagai komunitas untuk mengedukasi tentang motor listrik serta keuntungannya untuk individu, roadshow di beberapa ruang publik, hingga lebih mengaktifkan kampanye lewat media sosial. “Justru kita harus bekerja lebih keras lagi setelah dari GIIAS, agar makin banyak orang mendengar, mencoba, dan akhirnya membeli motornya, menjadi bagian dari upaya penurunan emisi di Indonesia,” ungkap Adit.

Kehadiran ALVA melalui IMG sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dan Indika Energy tentang netral karbon. Perubahan yang mempunyai dampak dalam penurunan emisi, menjaga kestabilan lingkungan. Mengenalkan transportasi masa depan dalam bentuk kendaraan listrik revolusioner, untuk mengubah cara kita bergerak, dalam berkendara dan membawa harapan segar untuk bumi tercinta. Selamat kepada seluruh tim IMG, kami siap mendukung ALVA!