Indikator Digital Edisi ke-100, Merajut Kebersamaan dalam Irama Digital

100 edisi bukanlah hal yang sedikit, tetapi masih panjang perjalanan untuk memberikan suguhan berita, cerita dan kisah yang ada di Indika Energy Group.

Di tengah hiruk pikuk dunia kerja, Indikator hadir untuk memberikan berita, cerita dan kisah yang ada di Indika Energy Group yang memancarkan kesegaran dan inspirasi. Indikator bagaikan sebuah orkestra yang terdiri dari berbagai instrumen, telah mengantarkan melodi kebersamaan dan motivasi selama 100 edisi.

Perjalanan Indikator bagaikan sebuah lukisan yang penuh makna. Dimulai dari goresan ide sederhana untuk memperkuat komunikasi internal perusahaan, Indikator diharapkan dapat menjadi bagian dari ribuan karyawan Indika Energy Group di seluruh penjuru negeri.

Di setiap edisinya, Indikator menghadirkan beragam cerita inspiratif, mulai dari kisah sukses para pemimpin perusahaan yang dapat dipetik pelajarannya, berbagai inisiatif perusahaan, update tentang anak-anak perusahaan, cerita tentang kebersamaan perusahaan dalam sebuah grup, artikel ringan tentang kuliner, jelajah hingga tips-tips bermanfaat. Harapannya adalah agar Indikator tidak hanya sebagai bahan bacaan karyawan Indika Energy Group, tetapi dapat menjadi media interaktif untuk bertukar ide dan saling mengenal.

“Indikator merupakan jembatan untuk kita dapat saling mengenal dan mengetahui update tentang perusahaan-perusahaan yang bernaung di dalam Indika Energy Group. Majalah (digital) ini bukan hanya kumpulan informasi dan kata-kata tetapi juga tentang membangun komunikasi antar sesama. Mari kita jalin terus kebersamaan diantara Indika Energy Group, karena kita adalah satu kesatuan yang tak terpisahkan sebagai bagian dari INDY Fellas,” tutur Asfia Nurhidayah, Redaktur Pelaksana Indikator.

Perjalanan Indikator menuju 100 edisi bukanlah tanpa tantangan. Ada kalanya keterbatasan waktu dan kesibukan kerja menjadi kendala, namun semangat dan dedikasi para tim Indikator tak pernah surut. Mereka terus berinovasi dan bekerja keras untuk menyajikan konten yang terbaik bagi para karyawan. Apresiasi terbesar kami haturkan untuk rekan-rekan kontributor dari setiap perusahaan di Indika Energy Group.

Indikator telah mengantarkan kita pada petualangan menelusuri transisi media cetak ke media digital, menyingkap dampak dan strategi yang perlu kita ambil untuk menyambut era baru. Berawal dari gagasan dan ide untuk mendokumentasikan setiap kegiatan baik yang ada di Indika Energy Holding hingga anak-anak perusahaan Indika Energy agar bisa saling mengenal lebih dekat, walau jauh dimata tetap dekat di hati. Indikator hadir dengan versi cetak berukuran A4 dengan 12 rubrik yang ada di dalamnya terbit dalam kurun waktu triwulan.

Media cetak telah menjadi sahabat setia, menemani kita dalam berbagai aspek kehidupan. Publikasi internal Indikator telah menjadi sumber informasi terpercaya bagi INDY Fellas selama kurang lebih 10 tahun, berawal dari Anniversary Indika Energy tahun 2010 hingga 2020.

Namun, zaman terus berputar. Teknologi informasi dan komunikasi melangkah maju dengan pesat, membuka gerbang baru bagi penyebaran informasi. Internet menjelma menjadi raksasa digital, memungkinkan informasi terpancar dengan kecepatan kilat, menjangkau seluruh penjuru dunia. Media digital menawarkan pesona yang tak tertahankan. Kecepatan, jangkauan, interaktivitas, dan multimedia menjadi daya tariknya.

Tepat mulai 1 Mei 2020 Indikator bertransformasi menjadi media digital yang hingga saat ini menemani INDY Fellas dengan hadir setiap 2 mingguan. Artikel yang lebih simple dan compact membuat Indikator lebih ringan untuk dibaca. hadir dengan 1 artikel utama di dampingi oleh 3 artikel lainnya menjadikan Indikator lebih light dan dapat dinikmati kapan saja, serta bisa diakses melalui smartphone masing-masing.

Majalah (digital) ini bukan hanya kumpulan informasi dan kata-kata tetapi juga tentang membangun komunikasi antar sesama. Mari kita jalin terus kebersamaan diantara Indika Energy Group.

Kini, di usia 100 edisinya, Indikator telah menjadi salah satu e-magazine internal yang telah menjadi sumber informasi, inspirasi dan motivasi banyak karyawan baik di holding maupun yang berada di site dan telah memberikan kontribusinya untuk penguatan budaya perusahaan.

Perjalanan Indikator masih panjang terbentang di depan. Dengan semangat dan dedikasi yang sama, Indikator siap untuk terus berkarya dan memberikan kontribusi yang lebih besar lagi bagi para karyawan dan perusahaan.

Sebagai penyempurna Indikator, kami suguhkan apa kata INDY Fellas tentang Indikator.

“ Indikator menjembatani jembatan pengetahuan semua entitas yang tergabung di Indika Energy Group, tetapi semakin kesini pembacanya sudah semakin bergeser usianya menjadi generasi Z, kontennya pun semakin corporate, sehingga mungkin perlu dibuat lebih milenial, UI/UX websitenya perlu dibuat lebih menarik, bisa juga menggunakan infografis agar lebih menarik. Rubriknya perlu dimunculkan tentang leader voice yang cukup banyak agar bisa belajar dari para leader yang sudah sukses. Biar nggak terlalu “kaku” adakan quiz atau challenge berhadiah plus tampilannya dibikin lebih pop dan colourful supaya nggak terkesan kaku juga,” Pingkan Permata – Personal Assistant and Office Support, Ilectra Motor Group.

“Menurutku Indikator menjadi media yang lengkap untuk mengetahui update tentang Indika Energy dan subsidiaries-nya. Rubrik momentum itu cukup menarik perhatian hanya saja sekarang sudah tidak ada rubrik tersebut, mungkin bisa diadakan kembali agar bisa lebih beragam konten dan ceritanya. dan agar lebih menarik bisa di sisipkan review buku/musik/film yang sedang hits untuk menyeimbangkan berita yang corporate dengan yang pop,” Griana Ajeng Wijayani – Talent Development Officer, Tripatra.

“Indikator bagus untuk kita mendapatkan berita-berita ter-update tentang Indika Energy Group, hanya saja untuk design bisa dibikin lebih fresh jadi tidak membosankan. Saya suka rubrik cerita kita karena menampilkan berbagai kegiatan tentang “kita” sebagai keluarga Indika Energy, jika boleh tolong ditambahkan dong artikel tentang ESG yang menarik” Lanny Christina – Audit, Risk & Compliance Manager Masmindo.

“Indikator adalah tempat kami karyawan di anak perusahaan untuk dapat info terbaru mengenai arah bisnis Indika Energy Group. Jadi, isinya sangat bermanfaat dan memberikan kami gambaran yang lebih utuh mengenai strategi Group. tapi alangkah lebih menarik jika ada kontes membuat artikel untuk semua subsidiaries agar kita bisa menangkap potensi penulis-penulis yang bisa jadi kontributor. Dan mungkinkah ada rubrik tentang self or career development,” Iqbal Fahmi Faisal – Head of People and Customer Centricity Human Capital, Interport.

Indikator telah mengantarkan kita pada petualangan menelusuri transisi media cetak ke media digital, menyingkap dampak dan strategi yang perlu kita ambil untuk menyambut era baru. Berawal dari gagasan dan ide untuk mendokumentasikan setiap kegiatan baik yang ada di Indika Energy Holding hingga anak-anak perusahaan Indika Energy agar bisa saling mengenal lebih dekat, walau jauh dimata tetap dekat di hati.

“Indikator merupakan media internal yang sangat menarik karena membuat karyawan ter-update tentang informasi-informasi seputar Indika Energy Group serta meningkatkan sense of belonging dan kebanggaan dari subsidiaries yang kegiatannya diliput. Semangat terus Indikator untuk terus menyuguhkan cerita-cerita ter-updatenya,” Gilbert – Corporate Communications Specialist, Indika Nature.

“Indikator merupakan media yang cukup menarik bagi saya karena jadi tahu tentang update di Indika Energy Group, isinya pun tidak terlalu berat dan bisa jadi bahan bacaan sebagai intermezzo ditengah kesibukan kerja. Hanya perlu di kembangkan dan bisa di-improve user interface agar bisa lebih eye catching terutama untuk artikel yang panjang. Jika bisa dihadirkan rubrik interview lebih menarik agar kita bisa memetik manfaat dan pesannya hingga memperluas wawasan dari berbagai sudut pandang,” Heinrich Stanzino – Marcomm Xapiens.

“Saya senang dengan adanya Indikator menjadi tahu berbagai informasi diantara perusahaan-perusahaan lainnya. sepertinya perlu menambahkan calendar of event dari masing-masing perusahaan agar jika ada acara yang dapat diikuti oleh karyawan lintas entitas bisa diketahui. Kedepannya komunikasi internal tidak hanya terpaku pada bentuk tulisan tetapi bisa juga berbentuk audio maupun video yang dapat menarik perhatian. dengan relatif rendahnya literasi di Indonesia rasanya alternative video dan audio sebagai media komunikasi internal bisa menjadi solusi” Arvin Adityardana –  Audit, Risk & Compliance Superintendent Masmindo.