Adu Kreasi dan Inovasi, Maknai Kemerdekaan Negeri

Sambut usia ke-21, Indika Energy gelar Ajang Kreasi Inisiatif Hijau dan Ajang Kreasi Logo.

Sudah daftarkan ide kamu? Jelang usianya ke-21 dan sebagai bagian upaya mencapai komitmen net-zero carbon emissions (netral karbon), Indika Energy mengajak seluruh karyawan Indika Energy Group (IEG) untuk adu kreasi dan gagasan inovasi.

Indika Energy merupakan salah satu perusahaan Indonesia yang pertama mendeklarasikan komitmennya untuk mencapai net-zero carbon emissions pada 2050. Melalui komitmen ini, secara grup, Indika Energy harus mencapai keseimbangan atau netralitas antara emisi gas rumah kaca yang dihasilkan dengan emisi gas rumah kaca yang diserap oleh alam melalui proses siklus karbon alami.

Indika Energy deklarasikan komitmennya mencapai net-zero carbon emissions pada 2050, menuju keberlanjutan Indonesia.

Mencapai net-zero carbon emissions adalah target yang tidak mudah, apalagi Indika Energy memiliki inti usaha dalam bidang energi yang berasal dari batubara. Untuk merealisasikan target ini, Indika Energy memiliki langkah strategis dan telah melakukan berbagai inisiatif seperti penggunaan energi baru dan terbarukan, implementasi teknologi untuk mencapai efisiensi dalam penggunaan bahan bakar, serta mendiversifikasikan portofolionya sebagai bagian dari transisi usaha.

Indika Energy juga telah menetapkan strategi jangka pendek melalui target-target terkait lingkungan, sosial dan tata kelola yang baik (ESG) untuk 2025. Target ini disusun berdasarkan kinerja saat ini dan outlook pengembangan ke depannya sehingga feasible untuk dicapai. Inisiatif – inisiatif tersebut tentu tidak bisa berjalan sendiri, namun juga bermuara dari masukan setiap tim Indika Energy Group.

Keterlibatan semua karyawan memegang peran penting dalam kesuksesan pencapaian target ESG tahun 2025 maupun net-zero carbon emissions pada tahun 2050. Dibutuhkan kerja sama semua pihak di Indika Energy Group untuk mencapai perubahan yang lebih baik, yang artinya kontribusi seluruh karyawan sangat esensial.

Melalui Ajang Kreasi, suara dan ide karyawan menjadi esensi untuk mencapai perubahan yang lebih baik.

Inilah yang mendasari Indika Energy mengajak semua karyawan Indika Energy Group untuk menyuarakan ide dan gagasannya melalui Ajang Kreasi. Ada dua kompetisi yang digelar yaitu Ajang Kreasi Inisiatif Hijau dan Ajang Kreasi Logo.

Ajang Kreasi Inisiatif Hijau 

Ajang Kreasi Inisiatif Hijau adalah sebuah kompetisi yang mengajak seluruh karyawan mengambil bagian dan berkontribusi terhadap program keberlanjutan Indika Energy Group. Kompetisi ini memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyampaikan ide dan gagasan inovatif yang bisa diimplementasikan oleh perusahaan masing-masing untuk melakukan konservasi lingkungan dan mendukung pencapaian netral karbon pada tahun 2050.

Gagasan atau ide harus berupa usulan program original dan belum pernah dipublikasikan, serta memungkinkan untuk bisa diimplementasikan oleh perusahaan untuk melakukan konservasi lingkungan. Ide harus mencakup salah satu dari topik Emisi Gas Rumah Kaca, Penggunaan Air, Pengelolaan Limbah dan Sampah, Energi, Ekosistem, serta Keanekaragaman Hayati.

Cara penyampaian ide Inisiatif Hijau harus sistematis dan runut, serta memuat unsur-unsur identifikasi masalah, gagasan, manfaat, dan kesimpulan sehingga mudah dipahami oleh para juri.

Ajang Kreasi Logo

Indika Energy juga mengadakan Ajang Kreasi Logo, yaitu sebuah kompetisi yang mengajak seluruh karyawan Indika Energy Group menghasilkan identitas visual berbentuk logo branding HUT Indika Energy dengan tema: Indika Energy memberikan energi untuk Indonesia yang berkelanjutan (Indika Energy energizes Indonesia for a sustainable future).

Selain harus mencerminkan tema tersebut, desain logo juga memiliki beberapa kriteria penilaian lainnya. Pertama, logo harus sederhana yang dapat diaplikasikan ke media apapun. Kedua, komposisi yang menarik dan unik baik dari bentuk maupun warna. Ketiga, logo juga harus mampu menampilkan identitas Indika Energy, minimal seperti warna korporasi (biru, abu).

Peserta juga harus melampirkan penjelasan makna dari elemen-elemen yang ada pada desain logo serta mengirimkan logo dalam format file digital JPEG/PNG dengan file asli dalam bentuk Adobe Illustrator/Photoshop/CorelDraw atau software ilustrasi yang lainnya. Yang paling penting juga adalah desain logo harus original dan belum pernah digunakan.

Kedua Ajang Kreasi ini bisa diikuti oleh semua karyawan Indika Energy Group baik di head office maupun  seluruh wilayah operasional. Panitia menyediakan hadiah menarik untuk masing-masing kategori dengan total nilai puluhan juta rupiah. Peserta juga tidak dipungut biaya apapun dalam mengikuti kompetisi tersebut.

Nantinya para finalis dari kedua Ajang Kreasi ini akan dinilai langsung oleh tim juri yang terdiri dari Vice President Director dan Group CEO Indika Energy, Azis Armand; Director dan Group Chief Financial Officer Indika Energy, Retina Rosabai; serta Head of Corporate Communications & Sustainability Indika Energy, Ricky Fernando.

Tertarik untuk ikutan? Langsung saja klik link berikut ini untuk informasi lebih lanjut https://bit.ly/37zLGHJ. Ditunggu ya ide dan kreatifitas INDY Fellas sebelum 29 September 2021 untuk Ajang Kreasi Inisiatif Hijau, dan 8 September untuk Ajang Kreasi Logo.

Mari maknai kemerdekaan Indonesia dengan kreativitas dan sikap positif agar kita tetap sehat dan kuat saat masa pandemi, sesuai dengan tema kemerdekaan 2021 yang telah ditetapkan pemerintah: Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

Merdeka!